Senin, 02 April 2012

PERS RELEASE KARYAWAN PDAM SRAGEN TANDATANGANI “NILAI INTI” PERUSAHAAN


BEST (BERIKAN SERVICE TERBAIK !)
 
PERS RELEASE
KARYAWAN PDAM SRAGEN TANDATANGANI “ 5 NILAI INTI” PERUSAHAAN

PDAM Kabupaten Sragen tak henti berbenah diri dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam  operasionalnya baik dalam hal Kualitas, Kuantitas, Kontinyuitas maupun Keterjangkauan layanan (K4).  Sebagai perusahaan pelayanan publik, PDAM Sragen sadar bahwa dalam meningkatkan kinerja tersebut dimulai dari lingkup internal PDAM sendiri.  Oleh karena itu PDAM Sragen merasa sangat perlu membangun budaya organisasi yang mapan sebagai pondasi untuk membangun perusahaan dalam jangka panjang (going concern).  Inilah saatnya untuk membangun budaya organisasi yang mapan, hal ini dinilai tepat karena berbarengan dengan iklim reformasi di segala lini khususnya di Kabupaten Sragen.
Selama ini pengembangan intangible assets yang merupakan nilai inti dari budaya organisasi di PDAM Sragen belum mendapatkan tempat atau prioritas, padahal sebenarnya untuk membangun ulang hal tersebut tidak diperlukan banyak biaya, bisa dilaksanakan situasional dan bertahap.  Disinilah perlunya pembangunan karakter sumber daya manusia yang berkualitas dan diharapkan akan menjadi sumber daya saing perusahaan dimasa yang akan datang.  Memang disadari bahwa proses ini tidaklah mudah, perlu transformasi yang non-instant dan harus berkesinambungan, disamping itu perlu ditunjang sistem informasi dan pergerakan yang terintegrasi ke seluruh karyawan tanpa terkecuali.  Untuk mengimplementasikan hal tersebut diperlukan 5 pilar yang harus disepakati bersama dalam suatu sistem nilai untuk membangun budaya organisasi, yaitu ; 1). Kepemimpinan, 2). Sistem perekrutan, 3). Sistem imbalan, 4). Kebijakan dan Peraturan serta 5). Pelatihan dan pengembangan.
              Berdasarkan 5 Pilar tersebut maka seiring dengan perubahan-perubahan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Manajemen PDAM Sragen maka Direksi telah mengajak seluruh karyawan PDAM Sragen untuk memberikan masukan, kritik dan saran kepada perusahaan yang pada akhirnya disimpulkan terdapat 5 (lima) Nilai Inti PDAM Kabupaten Sragen yaitu : 1). Mengedepankan nilai-nilai bisnis dan pelayanan, bukan nilai-nilai politik praktis,  2). Menjunjung tinggi prestasi dan dedikasi karyawan berbasis  kompetensi kreativitas, intelektualitas, loyalitas melalui kompetisi yang terarah, 3). Menyadari sepenuhnya bahwa SDM merupakan asset utama perusahaan yang harus dikelola secara berkesinambungan, 4). Zero error, zero defect dan zero accident dalam proses operasional, 5). Jernih dalam berpikir, obyektif dalam menilai sesuatu dan berani mengambil keputusan.
              Kelima Nilai Inti inilah yang telah disepakati dan akan ditandatangani oleh seluruh karyawan PDAM Kabupaten Sragen dalam membangun Budaya Organisasi yang baik, handal dan profesional. Nilai inti ini juga disahkan oleh pihak Notaris sehingga mengikat seluruh karyawan. Nilai inti tersebut akan menjadi dasar dalam bekerja dan bertindak di lingkup PDAM Kabupaten Sragen, berlaku secara menyeluruh tanpa kecuali dan independen.  Hal ini adalah yang pertama dalam sejarah PDAM di Indonesia sebuah Nilai Inti Perusahaan daerah Air Minum dibuat bersama seluruh Karyawan, bahkan dibuat dalam sebuah “geber” (layar) ukuran 4.7 m x 1.5 m yang sekaligus menjadi penghias dari ruang pelanggan utama di PDAM Kabupaten Sragen.  Geber yang berisi Nilai Inti PDAM Sragen ini menjadi “pengingat” bagi seluruh karyawan setiap saat, bahkan dengan mudah seluruh pelanggan yang hadir-pun bisa mengingatkan kepada petugas jika melanggarnya.  Semoga Nilai Inti Perusahaan ini dapat dijalakan dengan sebaik-baiknya. Jayalah PDAM Sragen! (**ms**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar