|
PERS RELEASE
KARYAWAN PDAM SRAGEN TANDATANGANI “ 5 NILAI INTI” PERUSAHAAN
PDAM Kabupaten Sragen tak henti berbenah diri dalam
meningkatkan kinerja perusahaan dalam
operasionalnya baik dalam hal Kualitas,
Kuantitas, Kontinyuitas maupun Keterjangkauan
layanan (K4). Sebagai perusahaan pelayanan publik, PDAM
Sragen sadar bahwa dalam meningkatkan kinerja tersebut dimulai dari lingkup
internal PDAM sendiri. Oleh karena itu
PDAM Sragen merasa sangat perlu membangun budaya organisasi yang mapan sebagai
pondasi untuk membangun perusahaan dalam jangka panjang (going concern). Inilah
saatnya untuk membangun budaya organisasi yang mapan, hal ini dinilai tepat
karena berbarengan dengan iklim reformasi di segala lini khususnya di Kabupaten
Sragen.
Selama ini pengembangan intangible assets yang merupakan nilai inti dari budaya organisasi
di PDAM Sragen belum mendapatkan tempat atau prioritas, padahal sebenarnya
untuk membangun ulang hal tersebut tidak diperlukan banyak biaya, bisa dilaksanakan
situasional dan bertahap. Disinilah
perlunya pembangunan karakter sumber daya manusia yang berkualitas dan diharapkan
akan menjadi sumber daya saing perusahaan dimasa yang akan datang. Memang disadari bahwa proses ini tidaklah
mudah, perlu transformasi yang non-instant dan harus berkesinambungan,
disamping itu perlu ditunjang sistem informasi dan pergerakan yang terintegrasi
ke seluruh karyawan tanpa terkecuali.
Untuk mengimplementasikan hal tersebut diperlukan 5 pilar yang harus
disepakati bersama dalam suatu sistem nilai untuk membangun budaya organisasi,
yaitu ; 1). Kepemimpinan, 2). Sistem perekrutan, 3). Sistem imbalan, 4).
Kebijakan dan Peraturan serta 5). Pelatihan dan pengembangan.
Berdasarkan
5 Pilar tersebut maka seiring dengan perubahan-perubahan yang telah dan akan
dilaksanakan oleh Manajemen PDAM Sragen maka Direksi telah mengajak seluruh
karyawan PDAM Sragen untuk memberikan masukan, kritik dan saran kepada
perusahaan yang pada akhirnya disimpulkan terdapat 5 (lima) Nilai Inti PDAM Kabupaten Sragen yaitu : 1). Mengedepankan
nilai-nilai bisnis dan pelayanan, bukan nilai-nilai politik praktis, 2). Menjunjung tinggi prestasi dan dedikasi
karyawan berbasis kompetensi
kreativitas, intelektualitas, loyalitas melalui kompetisi yang terarah, 3). Menyadari
sepenuhnya bahwa SDM merupakan asset utama perusahaan yang harus dikelola
secara berkesinambungan, 4). Zero error,
zero defect dan zero accident
dalam proses operasional, 5). Jernih dalam berpikir, obyektif dalam menilai
sesuatu dan berani mengambil keputusan.
Kelima
Nilai Inti inilah yang telah
disepakati dan akan ditandatangani oleh seluruh karyawan PDAM Kabupaten Sragen
dalam membangun Budaya Organisasi yang baik, handal dan profesional. Nilai inti
ini juga disahkan oleh pihak Notaris sehingga mengikat seluruh karyawan. Nilai
inti tersebut akan menjadi dasar dalam bekerja dan bertindak di lingkup PDAM
Kabupaten Sragen, berlaku secara menyeluruh tanpa kecuali dan independen. Hal ini adalah yang pertama dalam sejarah
PDAM di Indonesia sebuah Nilai Inti Perusahaan daerah Air Minum dibuat bersama
seluruh Karyawan, bahkan dibuat dalam sebuah “geber” (layar) ukuran 4.7 m x 1.5
m yang sekaligus menjadi penghias dari ruang pelanggan utama di PDAM Kabupaten
Sragen. Geber yang berisi Nilai Inti
PDAM Sragen ini menjadi “pengingat” bagi seluruh karyawan setiap saat, bahkan
dengan mudah seluruh pelanggan yang hadir-pun bisa mengingatkan kepada petugas
jika melanggarnya. Semoga Nilai Inti
Perusahaan ini dapat dijalakan dengan sebaik-baiknya. Jayalah PDAM Sragen! (**ms**)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar