Minggu, 11 Maret 2012

Apel Pagi 12 Maret 2012

1.      Alhamdulillah sudah menyelesaikan Diklat Manajemen Air Minum Berbasis Kompetensi Tingkat Utama, 27 Februari-3 Maret 2012 dengan baik hingga uji kompetensi dan sertifikasi tingkat Utama --> tujuan Diklat Tk Utama :
a.      Memiliki kompetensi untuk mengemban tugas jabatan manajemen
b.      Memiliki kesamaan persepsi manajerial dan tim manajemen PDAM
c.       Memperoleh pengakuan profesional
2.      Studi banding diskusi dengan PDAM-PDAM se Indonesia selama Diklat :
a.      PDAM Sragen tidak terlalu memalukan --> FCR
b.      Banyak PDAM sangat disegani --> Munas BUMD se Indonesia dibuka Wapres
c.       Misi PDAM Bisnis dan Pelayanan Publik
d.      Hati2 sudah ada PDAM swasta --> PDAM harus bisa kompetitif kalau mau eksis
3.      Surprise ! Gudang ide sudah menerima beberapa ide :
a.      Promosi melalui pertunjukan --> diusulkan dikembangkan video Compan Profile --> memanfaatkan layar TV pelanggan dan pada saat sosialisasi
b.      Ide cuti dibayar --> bayangkan jika 150 karyawan semuaberlomba cuti 12 hari --> 12 x 150 = 1.800 hari kerja per tahun (setara seorang libur 5 tahun)
c.       Database Karyawan/track record/kartu pasien
d.      Ide 10 : 1 (Pasang 10 gratis 1 SR)
e.      Tulisan2 di knowledge management
f.        Motivasi  Majalah Forbes Daftar Terkaya Didunia : Mark Zukerberg --> Muda, Kaya, 17.5 Milyar USD (175 Triliun Rp) --> berawal dari ide kreatif dan inovatif
4.      Selamat Datang di Era Online di PDAM Sragen :
a.   Informasi bahwa di PDAM Sragen sudah terkoneksi oleh WiFi online/Hot Spot --> Manfaatkan teknologi ini untuk mempermudah dan meningkatkan kinerja perusahaan (laporan online, update informasi, komunikasi, dll) --> siap teleconference dengan AKATIRTA ! --> peta digital PDAM
b.      Sistem Pembayaran Online BRI sudah terkoneksi sejak 20-2-2012 (mempermudah sistem bayar, sistem setor, kapanpun, dimanapun, cara simpel untuk membayar) --> kurangi kontak staf terima uang pembayaran
c.       SMS Gateway --> informasi tagihan secara realtime
d.      Sudah saatnya mempunyai website (www.pdamsragen.com !!!)
5.      Perkembangan positif PDAM Sragen mari kita sikapi dengan baik untuk meningkatkan kinerja perusahaan :
a.      Jumlah ± 40.000 SR harus diimbangi dengan Berikan Service Terbaik (BEST)
b.      Masih ada ± 1600 SR bermasalah (pasif, tutup sementara, cabut dll)
c.       Reklasifikasi/Rekategori pelanggan secara adil dan profesional
d.      Tingkat Penagihan masih 82 % --> ayo ditingkatkan !
e.      Kesejahteraan 2012 meningkat 15-35 % --> ayo dimbangi dengan Kinerja yang meningkat pula --> (Ingat materi apel bulan Januari 2012 : Jangan tanyakan apa yang bisa kau peroleh dari PDAM, tapi tanyakan apa yang bisa kau berikan untuk kemajuan PDAM !)
6.      Kegiatan dalam waktu dekat :
a.    Recruitment full skill employment untuk mengisi kekurangan di PDAM Sragen --> sekaligus wujud dari komitment Direksi terhadap stakeholders waktu penyelesaian tenaga ex JT harus diimbangi dengan tenaga full skill
b.      Idealnya tenaga Teknik : umum = 60 : 40 --> saat ini terbalik --> akan dievaluasi dan reposisi beberapa tenaga kerja yang ada maupun rekrutmen baru.
c. Pengembangan Organisasi --> jabatan-jabatan baru, mutasi dengan segala konsekwensinya :
                                                  i.      Jabatan --> fasilitas ?  --> jangan berebut fasilitas
                                                ii.      Evaluasi jabatan --> hampir semua mutasi terakhir adalah Plt --> lihat evaluasi, kompetensi dan kapabilitasnya --> fasilitas sesuai kemampuan perusahaan
d.      Outsourcing TK melalui koperasi Tirta Tama --> Cleaning Service, Jaga Malam, Umum, Teknik maupun Baca Meter.
e.      Koperasi ada 3 (masuk kriteria mana Koperasi Tirta Tama PDAM) :
                                                  i.      Koperasi Merpati à diberi makan baru datang/kerja
                                                ii.      Koperasi Pedati à ditarik-tarik baru bisa jalan
                                              iii.      Koperasi Sejati à koperasi yang mandiri yang mampu mengemban ekonomi rakyat sejati
7.      Menindaklanjuti Pengembangan Organisasi --> SOT baru (Struktur Organisasi dan Tata Laksana) PDAM :
a.      Usulan nama jabatan Kabag  = Manager !
b.      Usulan nama jabatan Kasubag = Supervisor
c.       Staf = Clerck
d.      Staf Ahli = Advisor
e.      Hal ini untuk meningkatkan sesnse of belonging sebagai perusahaan dan bukannya sebagai birokrasi !
8.      Tips  :
a.      Permendagri No 23 Tahun 2006 pasal 5  :
                                                  i.      FCR = (Harga Jual Rata-rata = Biaya Produksi)
                                                ii.      LABA = PENDAPATAN - BIAYA  10%
b.      Pendapatan dimaksimalkan à biaya dioptimalkan
c.       Biaya dioptimalkan :
                                                  i.      Biaya Bahan Kimia
                                                ii.      Biaya Meter Air
                                              iii.      Biaya Pipa & Accessories
                                               iv.      Biaya Listrik
                                                 v.      Biaya Umum (Biaya Pegawai)
d.      8 Jurus Penjuru Mata Air (Eight Golden Rules To Maximize Water Revenue)

No
Jurus
Goals (Tujuan)
1
Pembacaan Meter Air yang lebih Akurat
Mengurangi Min-Charge, Est-Charge dan Penetapan  pelanggan Pasif
2
Re-Classifikasi/Re-category; Tariff  Subsidi & Cross Subsidi
Memberikan tariff subsidi kepada yang berhak disubsidi (keadilan).
3
Sweeping
Menghilangkan illegal konsumsi dan illegal sambungan
4
Meterisasi
Mengganti meter air yang rusak dan tua
5
Pressure Management
Mengatur aliran dan tekanan air; memperbaiki pipa yang bocor
6
Mempermudah Pasang Baru
Memberikan Cicilan, Discount, Mikro Kredit dan Hibah untuk MBR
7
Marketing/Promotion
Pemasangan Pelanggan Terputus, CSR, Promosi & Marketing
8
Percepatan Penyelesaian Complaint
Kepuasan Pelanggan dalam Kualitas, Kontinuitas dan Kuantitas -->  Keterjangkauan

9.      Hal-hal lain :
a.      World Water Day 2012 (Hari Air Sedunia) 22 Maret 2012 --> Tema Water & Food Security --> Ketahanan Air dan Pangan
b.      Menyikapi rencana kenaikan BBM April 2012 --> disikapi secara arif dan bijaksana --> target2 yang realistis dan logis --> Revisi RKAP Mei/Juni 2012
c.       Pesan 3 Ong (Ojo Sombong, Ojo Bohong, Ojo Nyolong)


(M. Sholeh-Direktur Umum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar